Sabtu, 11 Juni 2016

WLAN and Wired LAN

Teknologi yang sudah lama dikembangkan sebelum WLAN aadalah Wired LAN atau LAN. Untuk selanjutnya akan digunakan istilah wired LAN untuk mempertegas perbedaannya dengan WLAN. Wired LAN menggunakan kabel jaringan yang dibuat dari bahan logam atau fiber. Komputer-komputer pad wired LAN memerlukan kartu jaringan (ethernet, token ring, dsb) dan central node berupa hub atau switch. Kecepatan transfer data yang dapat dilalui pada sebuah kabel dapat mencapai orde giga bit per detik.
Meskipun teknologi WLAN sudah cukup maju, mudah dikonfigurasi dan harga peralatan WLAN semakin terjangkau, namun ternyata orang-orang lebih menyukai wired LAN ketimbang WLAN. Harga peralatan WLAN yang lebihmahal dari wired LAN mungkin jadi penyebab utama kenapa WLAN belum sepenuhnya diterima oleh pengguna komputer. Selain itu, wired LAN lebih stabil dibanding WLAN. Data yang dipancarkan oleh gelombang radio lebih rentan terhadap gangguan gelombang medan listrik,magnet, tembok penghalang dan pengaruh cuaca.
Sebenarnya baik WLAN maupun wired LAN dapat “hidup saling berdampingan”. Keduanya sama-sama bermanfaat dan memiliki kelebihan maupun kekurangan. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu dalam memutuskan untuk memilih wired LAN atau WLAN.

Cocok untuk siapa?
Ada anggapan bahwa WLAN hanya diperuntukan bagi golongan tertentu, seperti para eksekutif, administrator jaringan perusahaan besar, atau mereka yang sering bepergian membawa laptop atau PDA. Anggaplah sepertiini tidaklah sepenuhnya benar. Setiap pengguna komputer dapat memanfaatkan teknologi wireless. Keunggulan wireless terletak pada kemudahan instalasi dan integrasi dengan jaringan yang sudah ada. Pengguna komputer tidak perlu direpotkan dengan instalasi kabel jaringan, pengaturan lokasi komputer atau tata letak peralatan jaringan. Proses penggabungan dengan jaringan yang sudah ada dapat dilakukan dalam hitungan menit. Jika anda lebih mementingan fleksibilitas, tidak ingin dipusingkan dengan instalasi kabel, memiliki beberapa peralatan yang mudah dibawa-bawa atau harus sering dipindah-pindah maka WLAN ada pilihan yang tepat.

Faktor Biaya
Persaingan antara vendor hardware telah menyebabkan harga sebuah ethernet card lebih murah dibanding Wi-Fi adapter. Sebuah Wi-Fi adapter kelas low end rata-rata dijual dengan harga US$ 30-50. Sementara ethernet card dari kelas yang sama dapat diperoleh dengan harga dibawah US$ 10. Belum lagi peralatan lain seperti router, hub, switch, dsb. Hampir selalu dapat dipastikan peralatan wireless lebih mahal dibanding dengan wired LAN.dari segi biaya, jelas wired LAN lebih ramah dikantong dibanding dengan WLAN.

Performa
Sebuah ethernet card tradisional menghasilkan kecepatan transfer data hingga 10 Mbps. Sebuah fast ethernet menawarkan kecepatan transfer data sepuluh kali lipat ethernet tradisional. Darisegi kecepatan atau transfer data jelas wired LAN lebih unggul dari WLAN. Jika anda sering menjalankan aplikasi kelas berat seperti streaming, game 3D, CAD/CAM, transfer file musik, sharing file, maka wired LAN lebih cocok dibanding WLAN.

Kemudahan Instalasi
Wired LAN memerlukan instalasi kabel. Kabel yang digunakan umumnya berjenis UTP. Setiap kabel harus dihubungkan dengan hub atau switch. Semakin banyak jumlah komputernya akan semakin rumit proses instalasi kabel yang dilakukan. Dari segi kemudahan instalasi, jelas WLAN mengungguli wired LAN. Proses penempatan komputer tidak terlalu mempengaruhi kerumitan instalasi.

Fitur Security
Security merupakan hal yang penting. Pada ethernet card, hub, atau switch tidak ada opsi security yang bersifat built-in (secara hardware). Informasi ditransfer ”apa adanya” dari satu komputer ke komputer lain. Wired LAN mengandalkan kemampuan security dari software yang di instal pada komputer firewall. Dalam prakteknya, solusi software sudah cukup memadai. Namun apabila software firewall gagal diaktifkan maka informasi yang lalu lalang menjadi “tidak terlindungi”.
Peralatan WLAN pada umumnya dibuat dengan dukungan security built-in, yaitu berupa kemampuan enkripsi. Enkripsi yang digunakan pada Wi-Fi disebut WEP. Saat ini sudah ada standar security terbaru bernama WPA dan WPA2 yang menawarkan kemampuan lebih baik dibandingkan WEP.
Baik WLAN maupun wired LAN sama-sama memiliki fasilitas security. Hanya saja pada WlAn fitur security sudah built-in sehingga tidak perlu melakukan setting firewall, proxy, dan sebagainya. Sedangkan pada wired LAN harus ditambahkan software khusus untuk keperluan security.

Reliabilitas
Reliabilitas menyangkut aspek ketersediaan dan keutuhan informasi. Informasi yang dikirim harus sampai ketujuan dengan selamat. Peralatan wired LAN seperti kabel, hub, switch telah terbukti sangat reliable. Kasus dimana data tidak sampai ketujuan atau rusak dijalan pada umumnya hanya disebabkan oleh kabel yang terputus atau kerusakan peralatan oleh sebab lainnya.
Gelombang radio yang digunakan pada WLAN masih harus dibuktikan sampai sejauh mana bersifat reliable. Beberapa kasus gangguan cuaca, kilat, tembok penghalang, interferensi gelombang radio oleh peralatan lain, dan sebagainya ternyata dapat mempengaruhi informasi yang dikirim.


Jika reliabilitas merupakan pertimbangan utama maka wired LAN lebih unggul ketimbsng WLAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar