Jumat, 17 Juni 2016

Metode Crimping

Crimping merupakan proses dimana sebuah kabel jaringan di proses agar mampu menjadi  sebuah kabel jaringan yang utuh atau sempurna, atau singkatnya crimping adalah cara membuat kabel jaringan.

Macam-macam kabel dalam crimping :

·         Straight Trought Cable
Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan perangkat yang berbeda, contoh PC To Switch, Switch To Router, PC To Hub.


·         Cross Over Cable
Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan perangkat  setingkat atau sejenis, sebagai contoh koneksi antara PC to PC, atau PC ke AP Radio, Router to router.


·         Roll Over Cable
Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan perangkat yang berbeda, hampir sama pengertiannya dengan straight trough namun jenis kabel ini lebih menghubungkan perangkat yang memiliki konsole sebagai contoh koneksi antara Switch To Printer, atau Switch To Infocus.


Analisa :
menurut saya, crimping merupakan bagian dalam bidang teknisi komputer yang digunakan untuk pemasangan kabel LAN pada konektornya atau dapat disebut juga sebagai proses pembuatan kabel dalam jaringan komputer. Untuk macam-macam jenis kabel pada crimping terdiri dari Straight cable, Cross Over dan juga Roll Over. Straight Cable sendiri digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, sebagai contohnya antara switch dengan pc. Lalu ada Cross Over, kabel ini digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama, contohnya pc dengan pc. Selain Straight dan Cross Over ada yang dimanakan Roll Over, kabel ini sama-sama menghubungkan dua perangkat yang berbeda. Sama hal dengan Straight  namun pada Roll Over sendiri dia menggunakan konsole pada salah satu penghubungnya, sebagai contoh antara switch dengan Printer. Dalam arti kata semua jenis kabel pada metode crimping digunakan sesuai dengan kebutuhannya agar perangkat satu dengan yang lainnya dapat terhubung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar