Minggu, 12 Juni 2016

APA ITU NUVOTON ?

Apa itu Nuvoton ? untuk semua pecinta robotik pasti sudah tidak asing lagi medengar kata “ MIKROKONTROLER “ . Begitu banyak jenis Mikrokontroler yang beredar dipasaran seperti ATMega , Arduino, bahkan Raspberry. Tapi seiring berkembangnya teknologi , muncul jenis jenis MIKROKONTROLER baru seperti hal nya Nuvoton . Pada kesempatan ini kita akan berkenalan dengan Nuvoton.

Nuvoton diproduksi oleh Nuvoton NuMicro Family, Nuvoton memiliki jumlah bit lebih banyak dibandingkan dengan mikrokontroler lainnya , yaitu 32 bit. Nuvoton sendiri menggunakan Arsitektur ARM, yaitu sebuah arsitektur yang menggunakan Prosesor 32 bit . ARM sendiri di ambil dari nama  perusahaan yang bergerak pada bidang Mikrokontroler yaitu ARM Holdings . Arsitektur ARM juga dipakai pada perangkat Smartphone .
ARM mempunyai 3 seri yang dibagi berdasarkan penggunaannya :
1. ARM CORTEX A untuk prosesor aplikasi
2. ARM CORTEX R untuk real time
3. ARM CORTEX M untuk prosesor mikrokontroler

 Pada nuvoton pun terdapat tingkatan tingkatan chip prosesor, pada lini embedded pada tingkatan paing bawah yaitu CORTEX MO, digunakan untuk mikrokontroler dengan tingkatan terendah . semakin tinggi seri M, Aatau Rnya semakin canggih chip set yang digunakan.
Spesifikasi:
- NuMicro ARM Cortex M0
- Internal clock 22 MHz
- 16KB RAM
- 128KB memori program (APROM)
- 4KB memori data (DataFlash)
- 4KB memori bootloader (LDROM)
- 80 pin General Purpose I/O (GPIO)
- 8 channel ADC 12 bit, 2 analog comparator
- 8 PWM, 4 Timer 32 bit, Real Time Clock
 - 3 serial UART mendukung IrDA, LIN, RS485
 - 4 SPI, 2 I2C, 1 USB, 2 LIN, 1 CAN, 1 I2S
 - Programmable via USB .
Dari spesifikasi diatas , diketahui Mikrokontroler memeliki teknologi yang lebih canggih dibanding mikrokontroler lainnya.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan , Nuvoton ARM CORTEX MO NUC140  merupakan suatu learning board yang didalamnya terdapat minimum system serta pin pin koneksi pada input/output nya .

Kekurangan pada mikrokontroler ini , harganya yang masih Mahal , serta masih jarang yang menjual Mikrokontroler ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar