Minggu, 12 Juni 2016

FITUR-FITUR YANG TERDAPAT DALAM JAVA PROGRAMING

Salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh orang-orang saat ini adalah bahasa pemrograman yang bernama Java. bahasa pemrograman Java merupakan project dari Sun Microsystem Inc. yang dirilis resmi level beta pada November 1995. Dua bulan berikutnya dari tanggal rilis tersebut Netscape menjadi perusahaan pertama yang memperoleh lisensi Java programming languange dari Sun microsystem. Sebagai bahasa pemrograman, bahasa java memiliki fitur penting dalam pembuatan berbagai jenis aplikasi dan software. Adapun fitur-fitur Java adalah sebagai berikut :

1. Java Virtual Machine (JVM)
JVM adalah sebuah imanginer machine yang bekerja menyerupai aplikasi pada sebuah real machine. JVM menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode Java terjadi. Spesifikasi inilah yang  membuat  aplikasi berbasis Java menjadi free atau open source dari platform manapun karena proses kompilasi diselesaikan oleh JVM atau Java Virtual Machine sendiri.
Aplikasi program Java diciptakan dengan file teks yang berekstensi .java. Program ini dikompilasi dan menghasilkan satu berkas bytecode berekstensi .class. Bytecode adalah serangkaian instruksi serupa instruksi kode mesin yang merupakan ciri khas dari bahasa pemograman itu sendiri. Perbedaannya adalah kode mesin harus dijalankan pada sistem komputer dimana kompilasi  itu ditujukan, sementara bytecode berjalan pada java interpreter yang tersedia di semua platform sistem komputer dan sistem yang operasi saat ini.

2. Garbage Collection
Banyak bahasa pemrogaman lain yang  mengijinkan seorang programmer mengalokasikan memori  pada  saat dijalankan atau mengatur penggunaan memori yang ada. Namun, setelah menggunakan alokasi memori tersebut, ada terdapat cara untuk menempatkan kembali blok memori tersebut  supaya program lain dapat menggunakannya dan tidak untuk program itu saja. Dalam bahasa C, C++ dan bahasa lainnya, programmerlah yang mutlak bertanggung jawab akan hal ini. Hal ini dapat menyulitkan jika programmer tersebut lupa untuk mengembalikan  blok memori  sehingga menyebabkan  situasi yang dikenal dengan nama  memory leaks, crash, overheat, dan sebagainya. Program Java melakukan garbage collection  yang berarti program tidak perlu menghapus  sendiri objek–objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini juga mengurangi beban pengelolaan memori oleh programmer dan mengurangi sumber kesalahan terbesar yang terdapat pada bahasa yang memungkinkan dinamic alocation.

3. Code Security
Code Security terimplementasi pada Java melalui penggunaan Java Runtime Environment atau biasa dikenal dengan JRE. Java menggunakan model pengamanan 3 lapis untuk melindungi sistem dari untrusted Java Code yang merupakan code yang tidak memiliki sertifikat dari java.
a. Pertama, class-loader yang menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter. Proses ini menyediakan pengamanan dengan memisahkan kelas–kelas yang berasal dari localdisk dengan Class yang diambil dari jaringan. Hal ini membatasi aplikasi Trojan karena Class yang berasal dari localdisk yang dimuat terlebih dahulu.
b. Kedua, bytecode verifier untuk membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan–aturan dasar bahasa pemograman Java.
c. Ketiga, security management yang menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing pada sistem operasi.

4. Bagian-bagian Java
Seperti yang kita ketahui bahwa Java saat ini begitu banyak perkembangan yang mana dari tahun ke tahun terdapat versi berbeda-beda yang tentunya memiliki banyak peningkatan dibandingkan dengan versi yang dulu. salah satu versi Java yang terkenal yakni JDK (Java Development Kit). untuk bagian Java dari versi ini bisa dilihat sebagai berikut :
Kompilator (javac)
Interpreter program Java (java)
Applet viewer (appletviewer)
Debugger (jdb)
Class file disassembler (javap)
Header and stub file generator (javah)
Documentation generator (javadoc)
Applet demo
Source code Java API

5. Security Java
Salah satu keunggulan dari Java bisa dilihat dari segi keamanannya karena telah memperoleh aspek keamanan dari Java applet.
Java menggunakan model pengamanan 3 lapis untuk melindungi system dari untrusted Java code.
Bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan-aturan dasar bahasa pemograman Java.
Class loader, menangani pembuatan kelas Java ke runtime interpreter.
Manajer kemanan menangani kemanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah sebuah program berhak mengakses sumber seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing pada sistem operasi.


inilah fitur-fitur pada java yang saya ketahui, jika anda berminat membuat program menggunakan java tidak salah jika anda memahami fitur-fitur dari java itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar