Sabtu, 11 Juni 2016

Sinyal Analog

Sinyal Analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang bersifat terus – menerus, dan membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi.
Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu :
1.            Amplitudo adalah tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.
2.            Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.
3.            Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu

Sinyal Digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran dan keadaan 0 dan 1. Tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.
Teknologi digital memiliki beberapa keistimewaan unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu :
1.            Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
2.            Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
3.            Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi kedalam berbagai bentuk.
4.            Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.

Amplitudo adalah suatu simpangan yang sangat mempengaruhi kuat lemahnya bunyi yang dihasilkan dari suatu getaran. Namun, kadang amplitude juga mengalami penurunan yang menyebabkan suara yang didengar pun semakin lemah. Amplitudo sangat erat hubunganya dengan bunyi yang dihasilkan suatu benda atau suara manusia. Jika energi yang dipancarkan sumber getar semakin besar maka bunyi yang didengar akan semakin kuat demikian juga sebaliknya
Frekuensi adalah benyaknya getaran gelombang yang terjadi dalam waktu satu detik. Rumus dari frekuensi adalah jumlah getaran dibagi dengan jumlah detik waktu.
f = N / t
(f = frekuensi (Hz); N = jumlah getaran, gelombang, siklus; t = waktu (s))
Bandwidth adalah nilai hitung atau perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
Bandwidth sendiri akan dialokasikan kekomputer dalam jaringan dan akan mempengaruhi kecepatan transfer data pada jaringan computer tersebut sehingga semakin besar Bandwidth pada jaringan computer maka semakin cepat pula kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh client maupun server.
Pada sebuah jaringan komputer Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu Bandwidth digital dan Bandwidth analog. Berikut adalah penjelasan masing – masing Bandwidth tersebut:
1.            Bandwidth digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps) yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
2.            Bandwidth analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.
Periode merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membentuk suatu gelombang dan juga melakukan satu kali getaran. Simbol untuk periode itu adalah T, satuannya sekon.
Bitrate merupakan satuan data yang dibaca oleh program dalam satu kali waktu.
Sinyal Periodik adalah sinyal yang identik dari periode satu ke periode berikutnya berulang, periode sinyal ini secara khusus diwakilkan oleh suatu periode
Sinyal non periodik adalah sinyal yang tidak periodik dan memiliki energi tak terbatas (Infinite)
Spectrum adalah jarak rentang frekuensi dimana sinyal berada.
GSM (Global System for mobile Communication) adalah sebuah protokol telepon seluler yang menjadi standar dibagaian besar belahan dunia. Ponsel GSM menggunakan subcriber identiy module (SIM) card. CDMA (code division multiple access) adalah sistem yang menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur setiap panggilan yang berlangsung.
DFD (Data Flow Diagram) suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunanya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, terstrukturdan jelas.
DFT (Discrate Fouirer Transfrom) adalah transformasi yang dapat digunakan untuk memproses sinyal digital.
T-Z (Transformasi Z) suatu teknik untuk mnggambarkan dan manipulasi deretan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar