Sabtu, 11 Juni 2016

WIFI HOTSPOT


Istilah “hotspot wi-fi” kita gunakan untuk membedakan dengan “hotspot bluetooth”. Hotspot Wi-Fi merupakan area akses internet menggunakan teknologi 802.11b (Wi-Fi) yang dapat dinikmati oleh pengguna. Anda dapat membawa laptop atau PDA ke area hotspot dan melakukan akses internet memanfaatkan Wi-Fi adapter.
Sebagai contoh, beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta, kafe-kafe, hotel berbintang bahkan kampus biasanya menyediakan hotspot Wi-Fi. Akses layanan seperti ini biasanya ada yang gratis ada pula yang berbayar dengan tarif per jam. Hotspot Wi-Fi merupakan terobosan baru yang jauh lebih fleksibel ketimbang warnet konvesional. Penyedia layanan hotspot Wi-Fi tidak perlu menyediakan komputer bagi pelanggan. Namun, pelangganlah yang harus membawa sendiri kamputer laptop atau PDA agar dapat memanfaatkan layanan yang disediakan.
Pelanggan sebaiknya menggunakan sistem operasi dan utilitas tertentu agar memperoleh kemudahan saat melakukan koneksi internet di area hotspot Wi-Fi.
Jika kita pernah menggunakan komputer laptop dan pernah menggabungkan WLAN dengan wired LAN maka kita tidak akan mengalami banyak kesulitan. Secara prinsip koneksi internet via hotspot Wi-Fi identik dengan praktik yang telah kita lakukan. Agar saat melakukan akses di area hotspot tidak mengalami kesulitan, lakukan :

·         Pastikan anda menggunakan peralatan mobile yang telah diuji dengan jaringan wi-fi.
·         Bawalah peralatan mobile dan carilah area hotspot wi-fi, misalkan disalah satu pusat perbelanjaan. Anda dapat mengenalinya dari logo khusus seperti
·  Pastikan opsi obtain IP address automatically dan obtain DNS server address automatically telah di enable (untuk komputer windows). Pastikan juga setting wi-fi adapter menggunakan mode infrastruktur. Jika menggunakan linux gunakan saja Wicd dan pengetikkan perintah dhclient.
·         Jika menggunakan windows XP, lihatlah icon___ (network connection) pada system tray.XP dapat mengenali hotdpot secara instan dengan mengklik kanan pada icon lalu klik kiri pada view available wireless network dan melihat jaringan yang sudah ada.

·         Jendela Wireless Connections muncul dan selanjutnya pilih nama jaringan (SSID) yang tampak pada kotak available wireless network. Lakukan prosedur ini hanya apabila koneksi gagal dilakukan secara otomatis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar