Selasa, 01 Oktober 2013

7 Unsur Budaya


Nama : Thomas Pamuji Jaya P
NPM : 28113871
Kelas : 1KB05
 
7 Unsur Budaya
 
Pengertian 7 Unsur Budaya Secara Universal

          Unsur kebudayaan secara universal merupakan pemahaman mengenai kebudayaan secara keseluruhan. Menurut Koentjaraningrat terdapat beberapa unsur budaya yang memudahkan kita untuk memahami kebudayaan, yaitu :

1.      Upacara Keagamaan

Di Indonesia terdapat 5 agama yang dianut yaitu, Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha. Setiap agama mempunyai kepercayaan masing-masing yang mereka anut, tetapi di jaman sekarang kepercayaan tersebut sudah mulai termakan jaman, atausudah dilupakan. Di desa justru kepercayaan tersebut malah tetap dijaga, karena agama dan adat istiadat tumbuh bersama di desa.

2.    Organisasi Kemasyarakatan

Indonesia adalah negara dengan berbagai macam suku bangsa, ada suku Jawa, Sunda, Batak, dll. Dari bermacam macam suku bangsa tersebut kita juga perlu membiasakan diri untuk bergabung dengan berbagai suku bangsa lain yang juga kita harus lestarikan bersama.

3.    Bahasa

Di era globalisasi saat ini, pasti seseorang dituntut untuk menguasasi bahasa lain seain bahasa Indonesia. Tentu saja kita juga jangan melupakan bahasa negara kita yaitu bahasa Indonesia, oleh sebab itu kita juga perlu mempelajari bahasa kita sendira agar bahasa Indonesia tetap kita lestarikan.

4.    Sistem Pengetahuan

Ada banyak sistem pengetahuan misalnya pertanian, perbintangan, perdagangan/bisnis, hukum dan perundang-undangan, pemerintahaan/politik, dsb. Tentunya ilmu pengetahuan tersebut juga merupakan bagian dari budaya, karena pengetahuan kita untuk tahu dunia luar dan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri. Kita tidak perlu mempelajari semua, hanya yng kita minati atau sukai atau juga kita kuasai.

5.     Kesenian

Salah satu ciri khas kebudayaan yg di miliki bangsa adalah kesenian. Ada beberapa contoh kesenian yaitu, seni sastra, lukis, musik, tari, drama, kriadan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan ciri khas dari setiap negara. Tentu nya kita juga harus menjaga kesenian tersebut agar tidak punah dan diakui negara lain.

6.    Sistem Mata Pencaharian Hidup

Mata pencaharian diperlukan untuk memenuhi kebututhan manusia Misalnya kaum pegawai/karyawan, kaum petani, nelayan, pedangan, buruh dan seterusnya. Hal tersebut merupakan mata pencaharian yang harus kita tekuni sesuai dengan kemampuan masing-masing.

7.     Sistem Teknologi dan Peralatan

Di era globalisasi ini teknologi merupakan suatu kebutuhan. Semakin banyak juga orang yang hidup di jaman modern. Teknologi sangat diperlikan tetapi jangan samapai kita gunakan untuk hal-hal yang negatif yang melanggar norma-norma yang berlaku.

Sumber referensi : referensi

Argumen :  Cara mempopulerkan budaya yaitu :

1.      Mengadakan seminar di berbagai negara sahabat mengenai budaya yang kita miliki, tentu nya dengan berbagi demo dari masing-masing provinsi.

2.    Mengadakan festival di daerah/provinsi masing-masing. Pasti festival semacam itu akan menarik minat wisatawan dari mancanegara, jika perlu kita jadikan acara rutin.

3.    Membuat iklan pariwisata di televisi mancanegara, saat ini masih negara kita masih kalah di bandingkan negara tetangga kita dengan membuat iklan pariwisata. Kita harusnya jangan mau kalah dengan mereka karena kita memiliki berbagai macam budaya yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar